Langsung ke konten utama

Kompleks ANGKOR - KAMBOJA

ngomongin angkor ini emang nggak ada habisnya, setelah pengalaman yang mengharu biru seputaran angkor beberapa waktu yang lalu!! ternyata menyisakan pengalaman yang luar bisa, selain genjot sepeda sampai mampus tentunya, hahaha..
kalo temennya yuna bilang..

sometimes a rough holiday makes for the best memories..
(after the pain has gone)
-A.D Everard-

yeah! after the pain has gone..
let's talk about angkor!! jadi angkor ini dulunya adalah kerajaan khmer lama pada abad ke-9 sampai abad ke-15M, istilah angkor sendiri berasal dari bahasa sansekerta yang artinya 'nagara' yang berarti negara, komplek angkor sendiri berdiri di padang yang cukup luas, luasnya mungkin separuh negara kamboja kali yah (sotakk)! angkor sebelahan banget dengan kota siem reap, kamboja dan merupakan situs warisan dunia..
komplek angkor dipenuhi banyak sekali situs arkeologi penting, sekitar tiga puluh lebih kuil dan belum termasuk kolam buatan, dan masih banyak lagi yang tersebar di seputaran kamboja..
mengingat luasnya kompleks angkor ini, emang nggak cukup kalo cuma sehari aja, kecuali niatnya cuma liat, ngambil photo dan eceng-eceng sebentar..
dan dari waktu yang cuma kurang lebih sepuluh jam, belum dipotong perjalanan bolak balik naik sepeda dengan jarak lima puluh kilo meter dan dengan kecepatan keong pingsan, lamaan diperjalanan ketimbang di objek wisatanya sendiri..
dan inilah yang tertangkap kamera dan ingatan kami..

Pos Penjualan Tiket
ini semacam check pointnya, jadi mampir dulu buat membeli tiket masuk, untuk 1 hari seharga 20 dollar, 3 hari 40 dollar dan 6 hari 60 dollar,, harga yang pantas untuk situs yang nilainyanya mendunia ini..
 Prasat Kravan
saat disimpang jalan aku ma yuna sempat mikir mau muterin angkor wat dulu atau yang lainnya, akhirnya kita setuju ke kanan dan inilah candi yang pertama kita temui, prasat kravan yang dalam bahasa khmer berarti 'bunga kenanga champa' .nggak terlalu besar, kecil aja! terdiri dari lima menara merah dengan bahan bata.
Banteay Kdei
artinya ‘benteng berkamar’ dalam bahasa khmer, karena benteng ini dulunya merupakan tempat tinggal para biksu, didirikan pada masa pemerintahan raja jayawarman VII.


Srah Srang
srah srang adalah sebuah baray (kolam penampungan air), lokasinya persis di depan banteay kdei.
Ta Prohm
nggak seperti candi lainnya yang sedang dalam pemugaran, ta prohm ini dibiarkan dengan bentuk aslinya tepat seperti pertama kali ditemukan, tapi justru hal inilah yang membuat ta prohm nampak sangat photogenic dengan suasana rimba yang liar, membiarkan tubuh candi ini dililit oleh akar-akar pohon dan karena keunikan inilah ta prohm menjadi salah satu candi yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan. dan mbak Angelina jolie samakin menambah popularitas candi ini dengan menjadikannya sebagai lokasi syuting thom raider.


Thommanon
adalah candi yang dibangun untuk memuliakan dewa siwa dan wishnu, thommanon merupakan candi yang bermenara tunggal.
Angkor Thom
angkor thom adalah reruntuhan komplek ibukota kerajaan khmer kuno, kamboja. Didirikan oleh raja jayawarman ke VII. angkor thom juga berarti ‘kota besar’ dalam bahasa khmer. diantara semua bangunan candi. Angkor thom inilah yang paling luas.
Teras Gajah
teras ini dulunya digunakan sebagai panggung kehormatan untuk upacara dan menyaksikan pawai tentara kerajaan yang baru pulang berperang, oleh raja jayawarman VII.
Bayon
pada candi bayon ini terdapat banyak pahatan wajah berukuran raksasa dengan ekspresi yang tenan, teduh dan anggun, terukir pada menara-menara candi yang mengelilingi puncak utama.
 Angkor Wat
maskot utama negara kamboja, dan satu-satunya candi yang terdapat pada mata uang, angkor wat salah satu dari keajaiban dunia, dibangun oleh raja suryawarnam II pada pertengahan abad ke-12 dan menghabiskan waktu sekitar tiga puluh tahun untuk membangunnya. bentuk bangunan sendiri mirip - mirip dengan candi prambanan yang terdapat di Indonesia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Permainan Untuk Ibadah Outdoor 'PANTAI'

ibadah outdoor atau biasa disebut ibadah padang (karena biasa menggunakan padang rumput/ lapangan luas) emang paling diminati dan disukai anak-anak, remaja, dewasa muda bahkan keluarga.. karena selain fokus pada ibadah, biasanya ibadah padang ini juga diselingi beberapa permainan seru yang bertujuan mencairkan suasana dan menambah keakraban diantara kelompok atau komunitas tersebut.. dan terkadang diriku didaulat untuk memimpin jalannya permainan, yang tentunya nggak terlepas dari makna ibadah itu sendiri.. ada beberapa tempat favorit yang biasanya di jadikan wadah untuk ibadah padang, dan pantai teluk lombok berada diurutan nomor satu bagi warga sangatta.. alasannya adalah karena teluk lombok adalah pantai, dan siapa yang dapat menolak pesona pantai (walopun sekarang pantai teluk lombok nggak sebersih dulu)! dan berikut beberapa permainan kelompok yang biasa kami lakukan, permainan sederhana tapi dijamin seru dan pantas untuk dicoba.. all about beach.. cara bermain : m

Syukur PadaMU Ya Allah - NKB 133:1-3

setiap kali ada ibadah syukuran keluarga besar (pernikahan, wisuda, rumah baru atau apa aja dalam bentuk ucapan syukur) selalu ada lagu ini.. sejak pertama kali dengar lagu ini aku sudah suka, benar-benar satu ungkapan yang keren banget menurut aku dan seharusnya ini yang selalu kita lakukan dalam hidup ini.. mau senang mau sedih, mau suka mau duka seharusnya kita mampu mengucap syukur.. berikut kalimat dari lagu 'syukur padaMU ya ALLAH' syukur padaMu ya Allah atas s'gala rahmatMu syukur atas kecukupan dari kasihMu penuh syukur atas pekerjaan walau tubuh pun lemah syukur atas kasih sayang dari sanak dan teman syukur atas bunga mawar, harum indah tak ter'pri syukur atas awan hitam dan mentari berseri syukur atas suka duka yang Kau bri tiap saat dan Firman-Mulah pelita agar kami tak sesat syukur atas keluarga penuh kasih yang mesra syukur atas perhimpunan yang mem'bri sejahtera syukur atas kekuatan kala duka dan kesah syukur atas penghar

Dan Bandung Bagiku

Dan Bandung Bagiku bukan cuma masalah geografis, lebih jauh dari itu melibatkan perasaan, yang bersamaku ketika sunyi. -Pidi Baiq- Tau dong dengan kota Bandung? Kota Priangan, Parahyangan, Pasundan, Paris Van Java, Kota Kembang atau apalah sebutan lain nya untuk kota ini. Kota terbesar ketiga di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya, yang jadi Ibu Kota Provinsi Jawa Barat ini. Tau dongs?? Hehehe.. Kalo ditanya, seberapa tahu aku akan kota ini?? Jawaban jujurnya sih, nggak tahu-tahu amat ya, hahaha.. tapi entah kenapa kota ini kayak punya kekuatan magis yang bikin siapa saja seolah-olah punya kisah "romansa" dan kisah cinta yang mengikuti bersamanya ketika ada di Bandung. Kayak semua orang 'berhak' punya kisah, semua berhak merindukannya. Dan Bandung bagiku adalah.. Tempat menggapai impian dan merajut masa depan, secara ini udah generasi ke-dua dari bapak Suparman Patta (yang pertama anak pak parman, yang kedua cucu pak parman), yang aku hantarkan ke kota ini untuk me