Langsung ke konten utama

PETUALANG TANGGUNG!

PETUALANG TANGGUNG!

Akhir-akhir ini marak banget peminat jalan-jalan atau petualang-petualang dadakan, dan ini kayak virus yang dengan mudahnya menyebar kemana-mana. Termasuk dilingkungan kerja aku yang sekarang. Jadi ceritanya, kami nih lagi senangnya trabas-trabas (explore) tempat-tempat keren yang masih jarang dilirik pecinta wisata di kota sangatta. 

Sebenarnya dari awal kerja, di tahun 2011-an di tempat yang sekarang, aku dan mbak umi (travelmate aku) udah sering banget ngebahas tempat-tempat wisata keren di Sangatta, ada beberapa tempat yang udah pernah kami kunjungi, tapi ada beberapa juga yang belum. Kalimat selalu diawali ‘kemana kita mbak ew??’ dan biasanya nggak lama setelah kalimat pembuka tersebut, tahu-tahu kita udah dimana, hahaha.. 

Singkat cerita, kami ngatur strategi buat eksplore PANTAI ALIEN, yang menurut kabar-kabar berhembus, pantai nya masih perawan dan belum banyak yang bisa nembus nyampe kesana. Jadilah kita ngajak dua teman (andre dan ika) yang juga peminat jalan-jalan, turut serta ngexplore pantai tersebut. Dengan bantuan dan arahan mas ridho (teman kantor yang ternyata biangnya trabas-trabas hutan dan sungai), akhirnya kami menuju Pantai Alien, sayang banget, aku, mbak umi, ika dan andre nggak bisa nyampai di pantai, karena air laut mulai pasang dan akses menuju pantai mulai terendam dan tertutup. 

Ada sedikit kecewa, karena nggak nyampe tujuan, tapi kita sepakat. Kita akan balik lagi dan harus nembus pantai alien. Dan dari titik inilah aku memberi nama genk ini ‘PETUALANG TANGGUNG’. Secara yah, nanggung banget, udah didepan mata tapi masih belum bisa melihat langsung. 
Titik awak Nama PETUALANG TANGGUNG (1 Mei 2019)
Setelah jajak pendapat tiga kali dan break selama sebulan, karena bertepatan bulan puasa, akhirnya jadi juga kami melaksanakan niat petualangan ala-ala kami, dan senangnya personil PETUALANG TANGGUNG bertambah jadi delapan orang ; aku, mbak umi, andre, ika, mas ridho, kak nova, eky dan mas mul. 

Kali ini mas ridho berhasil mengantarkan kami menembus pantai alien. Menurut aku, pantai ini seperti surga yang tersembunyi. Sumpah yah, ini pantai keren banget dan tentunya akan jadi tulisan aku berikutnya (kalo nggak terlalu malas untuk menulis) hehehe.. Aihhh.. terbayar lunas sudah rasa penasaran, rasa ingin tahu, rasa petualangan, rasa jalan-jalan, dan  rasa-rasa mencintai.. #cieeeee… 

Dari petualangan ini, semakin menimbulkan semangat meng-explore tempat-tempat wisata di seputaran Sangatta! Setelah jajak pendapat di-kantin kantor akhirnya kita sepakat, tujuan petualangan berikutnya adalah Pantai Tanjung Perancis Sangatta Selatan, dan hebatnya virus jalan-jalan ini semakin menyebar ke teman-teman kantor lainnya, hahaha.. 

FIX!! Dua juli dua ribu Sembilan belas  PETUALANG TANGGUNG menuju pantai tanjung perancis, dengan kekuatan penuh dan dengan personil yang semakin bertambah, kami ber-dua belas orang ; aku, mbak umi, mas ridho (the leader), kak nova, eky, ika, rizka,  andre, mas mul, pak ashar, mbak ani, babang zaky, ditambah satu orang motoris kapal, berupaya memantapkan langkah menyusuri perairan Kutai Timur. 

Tapi, sama seperti petualangan kami yang pertama banget, bahwa kali ini pun, kami nggak sampai ditujuan awal, yaitu pantai Tanjung Perancis. Karena hari mulai malam, gelombang laut mulai tinggi. Akhirnya kami memutuskan untuk segera menepi dan mencari pantai terdekat. Kami melabuhkan kapal di pantai Tanjung Harapan 27, cerita tentang pantai ini, akan aku tulis terpisah (kalo nggak terlalu malas untuk nulis loh yah, hahaha). 

Kali ini nggak ada alasan untuk kecewa, semua demi kenyamanan dan keselamatan bersama. Kalo aku bilang petualangan kali ini tuh beneran UNPREDICTABLE!! Spektakuler !! dan terlalu manis untuk dilupakan, hahaha!! Ternyata ya, hal-hal dan kejadian-kejadian dalam perjalanan, menorehkan pengalaman hidup yang nggak mungkin terlupakan, semakin membuat aku mengenal siapa teman yang berjalan bersamaku, semakin mengerti betapa pentingnya saling menjaga dan mengalah satu sama lain, semakin membakar semangat untuk terus berjalan bersama, berteman dan berkawan baik dan tentunya membuat aku semakin memahami batapa Tuhan Yesus itu berkuasa atas hidup umatnya, betapa kecilnya aku dalam telapak tanganNya. 

Dari pengalaman trabas-trabas yang kedua ini, bukannya bikin kita kapok atau jera, kita justru makin semangat ngomongin tempat mana lagi yang belum terjamah dan harus kita jelajahi bersama, semakin memantapkan langkah PETUALANG TANGGUNG untuk mengexsplore Kutai Timur lebih lagi, dan tentunya makin bikin kita solid as a team! Iya nggak sih wal?? Hahaha.. 
mereka yang tetap menamakan diri mereka PETUALANG TANGGUNG
so.. SEMANGAT SELALU PETUALANG TANGGUNG! MASIH BANYAK TEMPAT YANG AKAN KITA TUJU!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Permainan Untuk Ibadah Outdoor 'PANTAI'

ibadah outdoor atau biasa disebut ibadah padang (karena biasa menggunakan padang rumput/ lapangan luas) emang paling diminati dan disukai anak-anak, remaja, dewasa muda bahkan keluarga.. karena selain fokus pada ibadah, biasanya ibadah padang ini juga diselingi beberapa permainan seru yang bertujuan mencairkan suasana dan menambah keakraban diantara kelompok atau komunitas tersebut.. dan terkadang diriku didaulat untuk memimpin jalannya permainan, yang tentunya nggak terlepas dari makna ibadah itu sendiri.. ada beberapa tempat favorit yang biasanya di jadikan wadah untuk ibadah padang, dan pantai teluk lombok berada diurutan nomor satu bagi warga sangatta.. alasannya adalah karena teluk lombok adalah pantai, dan siapa yang dapat menolak pesona pantai (walopun sekarang pantai teluk lombok nggak sebersih dulu)! dan berikut beberapa permainan kelompok yang biasa kami lakukan, permainan sederhana tapi dijamin seru dan pantas untuk dicoba.. all about beach.. cara bermain : m

Syukur PadaMU Ya Allah - NKB 133:1-3

setiap kali ada ibadah syukuran keluarga besar (pernikahan, wisuda, rumah baru atau apa aja dalam bentuk ucapan syukur) selalu ada lagu ini.. sejak pertama kali dengar lagu ini aku sudah suka, benar-benar satu ungkapan yang keren banget menurut aku dan seharusnya ini yang selalu kita lakukan dalam hidup ini.. mau senang mau sedih, mau suka mau duka seharusnya kita mampu mengucap syukur.. berikut kalimat dari lagu 'syukur padaMU ya ALLAH' syukur padaMu ya Allah atas s'gala rahmatMu syukur atas kecukupan dari kasihMu penuh syukur atas pekerjaan walau tubuh pun lemah syukur atas kasih sayang dari sanak dan teman syukur atas bunga mawar, harum indah tak ter'pri syukur atas awan hitam dan mentari berseri syukur atas suka duka yang Kau bri tiap saat dan Firman-Mulah pelita agar kami tak sesat syukur atas keluarga penuh kasih yang mesra syukur atas perhimpunan yang mem'bri sejahtera syukur atas kekuatan kala duka dan kesah syukur atas penghar

Dan Bandung Bagiku

Dan Bandung Bagiku bukan cuma masalah geografis, lebih jauh dari itu melibatkan perasaan, yang bersamaku ketika sunyi. -Pidi Baiq- Tau dong dengan kota Bandung? Kota Priangan, Parahyangan, Pasundan, Paris Van Java, Kota Kembang atau apalah sebutan lain nya untuk kota ini. Kota terbesar ketiga di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya, yang jadi Ibu Kota Provinsi Jawa Barat ini. Tau dongs?? Hehehe.. Kalo ditanya, seberapa tahu aku akan kota ini?? Jawaban jujurnya sih, nggak tahu-tahu amat ya, hahaha.. tapi entah kenapa kota ini kayak punya kekuatan magis yang bikin siapa saja seolah-olah punya kisah "romansa" dan kisah cinta yang mengikuti bersamanya ketika ada di Bandung. Kayak semua orang 'berhak' punya kisah, semua berhak merindukannya. Dan Bandung bagiku adalah.. Tempat menggapai impian dan merajut masa depan, secara ini udah generasi ke-dua dari bapak Suparman Patta (yang pertama anak pak parman, yang kedua cucu pak parman), yang aku hantarkan ke kota ini untuk me